Hal yang perlu dilakukan ibu hamil

Bagi ibu muda yang sedang mengandung anak pertama biasanya bingung apa saja yang perlu dilakukan selama kehamilan. Berikut ini kami berikan informasi yang disadur dari buku Paspor Ibu RSIA Pratiwi dan buku KIA┬átahun 2014. Semoga bermanfaat ­čśë

Persiapan Ibu Hamil

mengelus-elus perut dapat menstimulus otak janin

Hal-hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil diantaranya:

  1. Periksa kehamilan secara rutin. Segera periksakan diri ke petugas kesehatan agar ibu, suami dan keluarga dapat mengetahui secepatnya jika ada masalah yang timbul pada kehamilan.
  2. Timbang berat badan dan ukur tekanan darah setiap kali periksa hamil. Idealnya berat badan bertambah setiap kali periksa hamil, pantau selalu tekanan darah apakah masih dalam batas normal atau tidak.
  3. Minum 1 tablet penambah darah selama hamil. Tablet penambah darah dapat mencegah ibu hamil kurang darah, meminum tablet penambah darah tidak membahayakan janin. Jika diperlukan, dapat pula meminum multivitamin sebagai suplemen makanan selama kehamilan.
  4. Minta imunisasi Tetanus Toksoid kepada petugas kesehatan. Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) ini berguna untuk mencegah penyakit Tetanus pada bayi baru lahir.
  5. Minta nasehat kepada petugas kesehatan tentang makanan bergizi selama hamil. Makanan bergizi dan seimbang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan janin dalam kandungannya.
  6. Sering mengajak bicara bayi sambil mengelus-elus perut setelah kandungan berumur 4 bulan. Elusan tangan ibu ini pat menstimulus perkembangan otak janin agar semakin terlatih dan berkembang.
  7. Ikuti kelas ibu hamil. Senam ibu hamil dapat membuat tubuh ibu lebih bugar dan dapatkan penyuluhan yang bermanfaat dari petugas kesehatan Anda. Jangan segan bertanya dan berolahraga lah secara rutin.

Happy┬ápregnant, Mom! ­čÖé